Aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) Legal

Mengetahui perbedaan aplikasi pinjaman online resmi dan ilegal merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum mengajukan pinjaman dana. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak terjebak dalam sistem rentenir yang bukan membantu malah makin menjerumuskan.

Semua penyelenggara fintech lending atau pinjaman online (pinjol) di Indonesia harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memastikan legalitasnya. Hingga 6 Oktober 2021, tercatat ada 106 penyelenggara atau aplikasi pinjaman online resmi OJK.

Cara Cek Aplikasi Pinjol OJK

Kalian bisa cek apakah sebuah aplikasi pinjol aman atau tidak melalu website OJK.

  • Akses laman OJK di alamat www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx
  • Buka laman OJK di www.ojk.go.id, pilih menu IKNB, kemudian pilih Finctech di kanan bawah
  • Daftar Aplikasi Pinjol Resmi OJK
  • Berikut adalah daftar aplikasi pinjaman online aman dan diawasi oleh OJK:

Dana Bijak

Dana Bijak merupakan salah satu penyedia layanan pinjaman online yang syaratnya mudah dan proses pencairannya cepat.

Anda bisa meminjam dana hingga 3 juta dengan tenor pengembalian 30 hari. Untuk nominal pinjaman, Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

JULO

Pinjaman online yang menawarkan layanan cepat dan proses pencarian yang mudah lainnya adalah JULO. Perusahaan ini sudah beroperasi sejak 2016 dan sudah melayani banyak nasabah.

JULO menawarkan besar pinjaman yang beragam, yaitu mulai dari 2-8 juta. Masa pengembaliannya, tersedia hingga tenor 6 bulan. Bunga pinjaman yang dibebankan cukup rendah, yaitu sekitar 0,1%.

Tunaiku

Tunaiku adalah layanan pinjaman online yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Eksistensinya yang masih bertahan hingga saat ini membuat layanan pinjaman ini semakin diminati dan dapat dipercaya.

Seluruh transaksi yang dilakukan terjamin aman karena memiliki sistem yang jelas. Anda bisa mengajukan pinjam hingga 20 juta.

1 thought on “Aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) Legal”

Leave a Comment